Rohmad Fajarudin

Rohmad Fajarudin

Manfaatkan Status Mahasiswa Kamu Buat Dapetin Fasilitas Premium Secara Cuma-Cuma!

Manfaatkan Status Mahasiswa Kamu Buat Dapetin Fasilitas Premium Secara Cuma-Cuma!

Hanya dengan modal bukti mahasiswa aktif dan email kampus

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kamu yang saat ini lagi kuliah, hampir pasti dapet Kartu Tanda Mahasiswa atau akses ke web sistem akademik atau kalo di kampus saya nyebutnya Dashboard Mahasiswa, dan fasilitas email dengan nama domain kampus.

Tahukah kamu dengan modal dua hal itu, kamu bisa dapet banyak fasilitas premium secara cuma-cuma alias gratis! Karena saya kuliah mengambil jurusan IT maka yang saya list disini adalah fasilitas yang relevan sama mahasiswa IT ya.

Tapi saya yakin ada banyak juga kok yang ngasih fasilitas premium secara cuma-cuma buat kamu yang mengambil jurusan lainnya 😀

GitHub Student Developer Pack

Daftar Disini | Lihat Fasilitas Yang Didapat
Renewable Selama Masih Berstatus Mahasiswa
Syarat: Email Kampus dan Bukti Dokumen (bisa pake KTM)

Yang pertama adalah dari GitHub. Selain akun kamu bakal diupgrade jadi GitHub Pro, kamu juga bakal mendapat banyaak sekali fasilitas gratisan dari provider yang masuk di programnya GitHub Student Developer Pack, dan pastinya bakal selalu bertambah fasilitasnya!

Buat kamu yang aktif di UKM, organisasi, atau komunitas kampus yang berkaitan dengan IT, kamu nantinya juga berhak dan bisa ikut program GitHub Campus Expert agar kamu bisa dapet banyak opportunity dan benefit dari GitHub.

AWS Educate

Daftar Disini | Lihat Fasilitas Yang Didapat
Syarat: Email Kampus

Yang kedua adalah dari Amazon Web Service. Buat kamu yang ngebet pengen belajar platformnya AWS tapi ngga punya kartu kredit, saatnya dibabat! Kamu akan mendapat credit sebesar $35 untuk satu tahun, atau $100 kalau kampus kamu udah tergabung dengan AWS Educate. Credit ini bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan berbagai layanan AWS. Kamu juga akan mendapatkan akses ke banyak sekali course dan training yang tersedia di AWS Educate!

Microsoft Azure for Students

Daftar dan Lihat Fasilitas Yang Didapat Disini
Renewable Selama Masih Berstatus Mahasiswa
Syarat: Email Kampus

Yang ketiga adalah dari Microsoft. Microsoft Azure adalah alternatif selain platform cloud nya AWS. Mmenjadi alternatif ternyata ngasih kita fasilitas yang lebih "wah" loh. Kita akan langsung dapat credit $100 buat satu tahun yang bisa dipake buat memakai semua layanan dari Microsoft Azure. Kamu juga akan bisa menikmati banyaak sekali course yang disediakan, meskipun kamu ngga harus daftar program ini sih untuk bisa menikmatinya.

Alibaba Cloud for Students

Daftar dan Lihat Fasilitas Yang Didapat Disini
Renewable Khusus Mahasiswa dari Kampus Yang Udah Tergabung
Syarat: Bukti Dokumen (Bisa pake KTM atau Screenshot Dashboard Mahasiswa)

Tiga raksasa cloud provider semuanya ngasih fasilitas gratisan buat mahasiswa, woaa! Nah tapi beda sama AWS dan Microsoft Azure yang ngasih credit dan ngebebasin kita mau pakai layanan yang mana, dari Alibaba Cloud spesifik memberikan kita free Cloud Server, Training, dan Sertifikasi selama satu tahun. Kelihatan dikit ya? tapi kalo dihitung-hitung yang dari Alibaba ini jauh lebih generous ke kita loh!

Microsoft Office 365 Education

Daftar Disini
Syarat: Email Kampus dan Kampus Sudah Terdaftar

Siapa nih yang masih pake Office hasil bajakannya pak tani? Kamu udah bisa bilang sayonara sama office pak tani sekarang. Kalo kampus kamu udah terdaftar dan terverifikasi buat program ini, kamu bisa dapet paket Office 365 secara gratis!

Notion Personal Pro

Daftar Disini
Syarat: Email Kampus

Kalo sebelum-sebelumnya adalah spesifik fasilitas 'tempur'-nya mahasiswa IT, yang ini mungkin bermanfaat buat semuanya. Notion kalo kamu belum familiar, adalah layanan berbasis web dan mobile buat kamu yang pengen catatan kuliah, todo list, timeline kegiatan organisasi, dan lainnya yang berbau catat mencatat bisa terorganisir dengan baik di satu tempat. Mungkin kamu pernah denger rivalnya, Evernote?

Ini bagus buat ngilangin kebiasaan buruk saya dan mungkin banyak temen-temen juga sering ngelakuin: Ketika mau nyatet sesuatu, buka notepad, save di sembarang tempat, abis itu lupa 😂


Penutup

Sebenarnya selain fasilitas gratis, email kampus kita juga bisa dimanfaatkan buat dapetin diskon dari course berbayar atau fasilitas berbayar lainnya yang biasanya perlu email dari kampus buat verifikasi. Diskonnya bisa gila-gilaan loh, rata-rata diatas 50%!

Okay, apakah kamu punya rekomendasi fasilitas gratisan lainnya yang mau kamu share? Boleh ditulis di komentar yaa, nanti akan saya masukkan ke artikel. Dari saya sendiri akan terus coba update artikel ini kalau saya menemukan yang lainnya, karena jujur aja sejak pertama kali daftar dari dua tahun lalu sampai sekarang masih belum semuanya terjamah secara maksimal 😅

Semoga temen-temen bisa memanfaatkan secara maksimal ya fasilitas premium yang diberikan cuma-cuma ini!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 
Share this